Trik Ampuh Mencegah Timbulnya Komedo

Komedo terjadi karena adanya sumbatan pada saluran keluar kelenjar minyak. Sumbatan ini dapat disebabkan oleh penumpukan kotoran, debu, riasan, atau kulit mati di permukaan kulit. Faktor hormonal juga turut memegang peranan dengan menyebabkan kelenjar minyak menghasilkan sebum berlebih. Kombinasi sebum berlebih dengan tumpukan kotoran, debu, make-up, dan kulit mati itulah yang akan menimbulkan sumbatan.

Ada dua jenis komedo yang sering ditemui, yaitu komedo putih dan komedo hitam.

Komedo hitam lebih mudah diidentifikasi karena warnanya yang hitam cukup kontras dengan kulit sekitarnya. Sering muncul di sekitar hidung, dagu, dan terkadang di punggung. Sementara itu, komedo putih biasanya menimbulkan tonjolan di kulit dan membuat kulit menjadi kasar. Komedo putih umumnya banyak di area dahi dan pipi.

Nah, setelah Anda mengetahui penyebab dan jenis komedo, langkah selanjutnya adalah mencari cara untuk mencegah atau mengurangi komedo. Beberapa langkah yang mungkin dapat membantu antara lain:

Pilih produk perawatan kulit yang sesuai

Sesuaikan produk perawatan dengan kondisi kulit Anda, bila diperlukan dapat berkonsutasi dengan dokter. Jangan lupa juga untuk berhati-hati dalam memakai krim yang ditujukan untuk menghilangkan komedo. Hindari menggunakannya terlalu berlebih, karena biasanya produk ini mudah menyebabkan iritasi dan kerusakan kulit.

Bersihkan wajah secara teratur

Membersihkan wajah dilakukan untuk menghilangkan minyak berlebih dan kotoran yang menumpuk di permukaan kulit. Biasakan untuk membersihkan kulit wajah sesuai dengan kebutuhan. Pembersih wajah yang mengandung asam salisilat, asam glikolat, ataupun peroksida benzoat dapat digunakan untuk mengurangi komedo, karena bekerja dengan mengelupaskan kulit mati dan sumbatan yang ada di pori-pori serta mengurangi sebum dan bakteri di kulit. Jangan mencuci wajah terlalu sering karena dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi, terlalu kering, dan memperparah komedo atau jerawat.

Lakukan eksfoliasi kulit

Seperti telah disinggung sebelumnya, tumpukan kulit mati dapat menyebabkan timbulnya komedo. Pengelupasan kulit mati secara teratur dapat mencegah hal ini. Pilih mekanisme pengelupasan yang nyaman bagi kulit. Jangan gunakan pengelupas yang terlalu kasar, karena dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi dan malah memperparah komedo. Kain pembersih yang halus dapat mengelupas kulit secara halus dan aman. Perlu diingat bahwa pengelupasan ini hanya bekerja di permukaan dan tidak bekerja cukup dalam untuk dapat menghilangkan seluruh komedo.

Pakailah makeup segera setelah mencuci wajah

Hal ini dikarenakan segera setelah wajah dibersihkan, biasanya pori-pori dalam keadaan tidak terlalu terbuka. Dapat juga dilakukan kompres menggunakan air dingin atau es batu sebelum pemakaian makeup, supaya lubang pori lebih mengecil lagi. Hal ini akan mengurangi risiko tumpukan produk atau minyak yang dapat menyumbat pori-pori. Dan jangan lupa untuk selalu membersihkan makeup dari wajah sesegera mungkin.

Perhatikan pola diet

Kurangin konsumsi produk yang mengandung susu dan daging. Produk ini mengandung zat hormon yang dapat mengganggu keseimbangan hormonal alamiah tubuh. Sehingga mengurangi konsumsi produk ini dapat membantu mengurangi komedo.

Selain itu, hindari makanan dengan kadar lemak dan gula tinggi karena dapat menyebabkan pergantian kulit lebih lambat sehingga komedo muncul.

Kafein yang ada di dalam kopi dan minuman bersoda dapat membuat komedo bertambah banyak. Jadi, pertimbangkan jumlah kafein yang Anda konsumsi sehari-hari supaya komedo tidak berambah.

Penambahan suplemen multivitamin dan mineral juga perlu. Multivitamin dapat berperan sebagai nutrisi dan antioksidan bagi kulit sehingga kulit menjadi lebih sehat. Suplementasi zink (seng) sendiri dapat membantu mengurangi pembentukan radikal bebas, sehingga dapat mengurangi jumlah komedo.

Jaga hidrasi kulit

Kulit yang terlalu kering selain menimbulkan iritasi juga dapat memperparah komedo/jerawat, karenanya sesuaikan frekuensi mencuci wajah dengan kondisi kulit. Selain itu, banyak minum air putih serta makan sayur dan buah juga akan membantu menjaga hidrasi kulit.

Pilih pakaian dengan bahan yang ringan

Berkeringat atau kondisi terlalu panas dapat menambah parah komedo, jadi usahakan menggunakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan suhu lingkungan.

Gunakan tisu penyerap minyak

Tisu penyerap minyak dapat dengan mudah didapatkan di toko retail terdekat. Bila kulit sangat berminyak, menyerap minyak berlebih dengan tisu ini dapat mengurangi risiko munculnya komedo. Tidak saja menyerap keringat, tisu ini juga dapat mengurangi kilap pada wajah.

Biasakan untuk membersihkan telepon genggam

Penggunaan telepon genggam sudah menjadi bagian dari keseharian aktivitas sehari-hari. Tanpa kita sadari, telepon genggam yang kita gunakan setiap hari dapat menimbulkan komedo juga. Minyak dari wajah dan rambut dapat menumpuk di permukaan telepon genggam dan terdeposit kembali ke permukaan wajah.

Bila masalah komedo ini sangat mengganggu, sebaiknya segera kunjungi dokter supaya kulit Anda menjadi lebih sehat terawat.

« Lihat artikel lainnya