Teh Hijau Bisa Mencegah Jerawat & Kanker Kulit

KlikDokter.com - Telah diakui bahwa teh hijau memiliki banyak manfaat. Hal itu bisa dilihat dari menjamurnya produk kecantikan maupun produk non-kecantikan yang memakai teh hijau sebagai bahan dasar. Namun, apakah teh hijau baik untuk kesehatan kulit wajah? Berikut penjelasannya:

Teh hijau banyak dikonsumsi di negara-negara Asia, termasuk India, Jepang, Korea, dan Cina. Seperti teh hitam dan teh oolong, teh hijau berasal dari tanaman Camellia sinensis. Namun, tidak seperti dua varietas lainnya, daun teh hijau tidak difermentasi sebelum dikukus dan pengeringan sehingga tetap segar.

Hasan Mukhtar, seorang profesor dermatologi dari Case Western Reserve University di Cleveland, menjelaskan bahwa senyawa antioksidan dalam teh hijau memiliki kekuatan untuk melindungi kulit. "Dari semua antioksidan yang dikenal manusia, komponen teh hijau adalah yang paling ampuh,” ujar Mukhtar. Antioksidan adalah senyawa yang sangat penting untuk menangkal radikal bebas, yang merupakan agen dan penyebab kerusakan sel maupun jaringan. 

Teh Hijau dan Kesehatan

Teh hijau mengandung polifenol. Polifenol, yang merupakan kelas bioflavinoids, telah terbukti memiliki antioksidan, antikanker, antibakteri, dan antivirus.

Sebagian besar polifenol dalam teh hijau adalah katekin. Sebagai antioksidan yang dihasilkan oleh alam, katekin berfungsi sebagai agen anti-inflamasi dan antikanker. Tak hanya itu, salah satu katekin utama dalam teh hijau dipercaya efektif untuk mengatasi peradangan kulit dan perubahan kanker kulit.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[]

« Lihat artikel lainnya