Kulit Kering, Salah Satu Ciri Penuaan Dini?

KlikDokter.com - Sekitar 85% dari orang berusia lanjut mengalami kulit kering dan terasa gatal akibat udara yang terlampau kering. Seiring dengan penuaan, kelenjar minyak pada kulit pun berkurang produksinya.

Namun bagaimana apabila Anda belum berusia lanjut, namun kulit Anda tergolong kering?

Kulit manusia menjadi kering ketika lapisan kulit tidak memperoleh air yang cukup. Bila lapisan terluar kulit kekurangan air, maka kulit tidak akan mampu menjalankan fungsinya sebagai pelindung terhadap lingkungan luar, dan akibatnya kulit menjadi kering serta rentan terhadap masalah.

Kulit juga mengandung pelembab alami berupa minyak yang dihasilkan oleh kelenjar sebasea, yang berfungsi menahan air agar tidak hilang secara berlebihan dari kulit. Ketika lapisan yang mengandung pelembab tersebut hilang, kandungan air dari kulit juga hilang dan menyebabkan kulit menjadi kering.

Beberapa faktor dari luar tubuh ikut mempercepat dan memperberat gejala kulit kering, antara lain akibat penggunaan sabun secara berlebihan atau kebiasaan sering mandi air panas. Kedua hal ini memicu hilangnya lapisan pelembab alami kulit. Akibatnya kulit yang seharusnya lembap akan menjadi lebih kering.

Kulit yang kering tidak secara langsung menyebabkan penuaan dini. Pada jenis kulit yang kering, garis-garis kulit akan tampak lebih jelas dibandingkan dengan kulit normal. Hal ini terjadi karena kurangnya hidrasi dan kelembapan kulit. Sementara pada kulit yang keriput, penyebabnya adalah rusaknya jaringan penyangga kulit yang berupa serat protein kolagen dan elastin, sehingga elastisitas kulit berkurang dan dampaknya kulit terlihat keriput. Kerusakan jaringan penyangga kulit tersebut disebabkan oleh radiasi sinar UV dari matahari, asupan makanan yang tidak sehat, kurangnya kelengkapan nutrisi untuk kulit, konsumsi alkohol, merokok, dan paparan terhadap polusi udara.

Pada seseorang yang memiliki jenis kulit kering, keriput akan terlihat lebih jelas dibandingkan dengan keriput pada seseorang dengan kulit normal. Oleh karena itu, penggunaan pelembap kulit pada kulit kering mampu membantu menyamarkan garis-garis kulit tersebut, meskipun tidak dapat menghilangkan penyebab keriput.

« Lihat artikel lainnya