Kiat Awet Muda di Usia 40

Klikdokter.com - Pada usia 40, kadar kolagen pada kulit wajah Anda semakin menurun. Elastisitasnya pun berkurang. Belum lagi, Anda harus mengalami proses penuaan kulit lainnya seperti warna yang tidak merata, flek, serta kulit yang cenderung kering dan kusam. Jika sudah begitu, jangan pusatkan perhatian Anda hanya pada wajah saja. Ingatlah bahwa gaya hidup sehat secara keseluruhan akan turut mempengaruhi kulit. Jadi, apa saja gaya hidup sehat yang perlu Anda lakukan di usia 40 agar kulit wajah ikut terjaga?

 

 

1.  Sarapan setiap hari

Para ahli gizi sepakat bahwa sarapan sangat penting untuk menjaga berat badan. Pada sebuah penelitian, wanita yang rutin sarapan kehilangan 21% dari berat badan mereka setelah 8 bulan, dibandingkan dengan yang tidak.

2. Berpetualang dengan pasangan

Tahukah Anda bahwa jatuh cinta merupakan penghilang rasa sakit yang alami? Hasil dari riset tersebut menunjukkan bahwa mereka yang sedang dimabuk cinta teraktivasi area dopamin pada otaknya, mirip seperti yang terjadi pada pengguna kokain.

3. Kontrol stres

Seperti yang sudah diketahui sejak lama, stres dapat meningkatkan tekanan darah dan menurunkan libido rendah. Akibatnya, stres membuat seseorang menua lebih cepat.

4. Berolahraga

Dengan menjalani aktivitas fisik seperti berolahraga, Anda akan membakar lebih banyak kalori bahkan ketika Anda duduk di sofa. Usahakan untuk meluangkan waktu berolahraga setidaknya 30 menit dalam sehari.

5. Mengonsumsi kalsium

The National Osteoporosis Foundation merekomendasikan perempuan di usia 40-an untuk mengonsumsi 1.000 mg kalsium, bersamaan dengan suplemen jika diperlukan.

6. Memberikan tubuh protein yang cukup

Sumber protein yang baik dapat diperoleh melalui ikan dan telur. Tapi jangan sekali-kali melewatkan karbohidrat karena karbohidrat terbukti dapat meningkatkan mood.

7. Pergi bersenang-senang dengan sahabat

Bersantai dengan teman-teman dapat mengurangi stres, meningkatkan harga diri, bahkan membuat Anda lebih menyayangi pasangan Anda ketika Anda tiba di rumah.

8. Melakukan check-up secara rutin

Sebagai bagian dari gaya hidup sehat, jangan lupa untuk melakukan tes-tes ini secara rutin:

  • Pemeriksaan mata: Setiap 2 sampai 4 tahun
  • Tekanan darah: Setiap 2 tahun
  • Tes Pap: Setiap 1 sampai 3 tahun
  • Thyroid: Setiap 5 tahun
  • Mammogram: Setiap 1 sampai 2 tahun
  • Glukosa darah: Setiap 3 tahun dimulai pada usia 45

9. Memilih suplemen penunjang kulit yang tepat

Pada usia 40, suplemen penunjang kulit sangat diperlukan bagi kesehatan kulit wajah Anda. Mengapa demikian? Suplemen berguna untuk menutrisi kulit secara optimal, memperlambat proses penuaan, menambah kolagen, serta melembapkan kulit. Pilihlah suplemen kulit wajah yang mengandung soy isoflavone dan astaxanthin. Berdasarkan penelitian, efek pemberian iso flavone pada kulit wajah selama 4 bulan membantu meningkatkan kekencangan, ketebalan, dan hidrasi kulit. Sementara itu, mekanisme astaxanthin terbukti dapat mencegah dan mengurangi keriput sekaligus menetralkan radikal bebas.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[]

« Lihat artikel lainnya