Jurus Ampuh Merampingkan Pipi Tembam

Klikdokter.com - Pipi tembam memang bisa membuat orang tidak percaya diri. Terlihatan lebih gemuk, begitu rata-rata alasannya. Tak heran apabila mereka melakukan berbagai cara untuk mengecilkan pipi mereka yang tembam.

Pipi tembam dapat dipengaruhi oleh struktur wajah seperti bentuk rahang dan tulang pipi. Jika rahang Anda besar dan tulang pipi cukup tinggi, hal itu dapat membuat pipi Anda terlihat tembam. Selain itu perlu juga dilihat pada anggota keluarga Anda, apakah ada yang memiliki bentuk wajah serupa. Jika jawabannya “ya”, maka memang struktur wajah dan faktor keturunan merupakan penyebab utamanya.

Sebenarnya, merampingkan pipi yang tembam tidak perlu menggunakan bedah plastik. Anda juga bisa melakukannya sendiri dengan cara alami.

Berikut ini adalah kiat alami untuk mengatasi pipi tembam:

1. Lakukan senam wajah

Latihlah otot-otot wajah dengan melakukan senam wajah. Beberapa jenis senam wajah yang bisa dilakukan adalah lion face atau wajah singa. Caranya, gerakkan wajah hingga terasa kencang. Tahan selama lima detik lalu kendurkan setiap otot. Ada juga cheek puff, yakni menghirup udara sampai pipi sebelah kanan dan kiri atau secara bergantian menjadi kembung. Namun, udara tidak diharuskan keluar karena bibir dikunci rapat. Setelah 5 detik baru diembuskan.

2. Berolahraga

Berolahraga merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan di wajah. Latihan kardiovaskular seperti berjalan, berenang, dan bersepeda akan membantu membakar kalori, sementara itu latihan beban akan membantu membangun otot. Semakin banyak otot yang dimiliki, semakin tinggi metabolisme Anda, dan otomatis Anda akan membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.

3. Menjaga asupan makanan

Selain olahraga, Anda juga harus menjaga asupan nutrisi sehari-hari. Kurangi gula, garam, dan makanan atau minuman yang mengandung banyak lemak. Perbanyak buah dan sayuran segar karena akan menghindarkan Anda dari retensi air di pipi.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[]

« Lihat artikel lainnya