Ini Keuntungannya Memiliki Kulit Sawo Matang

KlikDokter.com – Krim pemutih masih menjadi primadona dalam industri kecantikan, setidaknya di Indonesia. Hal ini seolah menegaskan bahwa putih adalah warna kulit yang paling cantik, menarik, dan sehat. Lantas, bagaimana dengan kulit gelap?

Ketahuilah bahwa kulit yang gelap belum tentu tidak menarik dan tidak sehat. Bahkan, kulit gelap memiliki melanosit yang mampu menghasilkan melanin dalam jumlah banyak.

Melanin merupakan kandungan alami tubuh yang memberikan pigmen warna ke kulit, rambut, dan iris pada mata. Sel-sel yang dinamakan melanosit berada di bawah kulit dan bekerja untuk memproduksi melanin. Fungsi utama melanin adalah untuk menjaga terhadap kerusakan yang ditimbulkan oleh paparan sinar matahari.

Oleh karena itu, sebenarnya orang-orang yang berkulit gelap memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan orang-orang yang berkulit terang. Apa sajakah keuntungannya?

  • Fungsi Proteksi

Paparan sinar matahari bisa menimbulkan penuaan kulit secara dini, serta memicu timbulnya kanker kulit. Kemampuan untuk melawan kerusakan yang ditimbulkan oleh radiasi sinar matahari bergantung pada berapa banyak kandungan melanin pada kulit Anda. Oleh sebab itu, kulit gelap bisa melindungi diri Anda dari berbagai jenis proses penuaan kulit, seperti flek hitam, keriput, serta kulit yang kasar.

  • Melindungi dari Radikal Bebas

Tahukah Anda bahwa Radikal bebas dapat merusak sel-sel pada tubuh Anda? Nah, melanin bisa melawan kerusakan dari radikal bebas dengan cara menjaga kelembapan di stratum korneum kulit (lapisan kulit yang paling luar). Apabila kulit kehilangan kelembapan, maka kulit akan menjadi mudah rusak.

Terlepas dari apa pun warnanya, sangat penting bagi Anda untuk selalu mencintai dan merawat kulit Anda. Ingatlah bahwa kulit yang sehat tidak pernah dinilai dari warnanya, melainkan dari bagaimana Anda memeliharanya. Berikut adalah beberapa kiat yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kesehatan kulit:

  • Menggunakan Tabir Surya

Paparan sinar matahari bisa memicu timbulnya keriput, flek cokelat, dan beberapa jenis penyakit kulit lain seperti kanker. Karena itu, jangan sepelekan penggunaan tabir surya setiap kali Anda hendak beraktivitas.

  • Menghindari Rokok

Merokok dapat mempercepat proses penuaan dan memicu munculnya keriput, karena kandungannya yang merusak kolagen serta elastin.

  • Mengonsumsi Makanan yang Sehat

Pilihlah sayur dan buah ketimbang makanan berlemak yang miskin gizi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan yang tinggi akan vitamin C dan karbohidrat kompleks bisa membuat kulit lebih sehat.

  • Menghindari Stres

Stres yang tidak terkontrol bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif, yang dapat menyebabkan terjadinya berbagai jenis kelainan kulit. Karena itu, jauhi diri Anda dari pikiran negatif agar kesehatan kulit tetap terjaga. 

« Lihat artikel lainnya