Ingin 3 Tahun Lebih Muda? Tersenyumlah!

Klikdokter.com - Tersenyum memiliki manfaat bagi penampilan maupun kesehatan. Tim peneliti dari Max Planck Institute di Berlin menyatakan bahwa seseorang yang banyak tersenyum akan tampak lebih menarik dan awet muda dibanding mereka yang jarang tersenyum. Studi dari London University College juga menemukan bahwa orang-orang yang suasana hatinya baik dapat menurunkan risiko kematian dini sebanyak 35%. Apalagi manfaat tersenyum yang lainnya

1. Senyum bisa menular

Melihat seseorang tersenyum dapat mengaktifkan area otak yang mengontrol gerakan wajah, sehingga Anda pun akan ikut menyeringai atau tersenyum.

2. Senyum bisa melepaskan endorfin

Tersenyum dapat membantu mengelola stres dan kecemasan dengan melepaskan endorphin, zat kimia yang mampu menciptakan perasaan senang dan bahagia.

3. Senyum bisa membuat seseorang lebih menarik

Ketika Anda sedang menghadapi situasi yang canggung, tersenyum akan membuat Anda lebih nyaman dan percaya diri. Jika Anda tersenyum, tubuh akan memproduksi sel darah putih yang dapat membantu memerangi penyakit.

4. Senyum bisa membuat diri Anda lebih nyaman

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di European Journal of Social Psychology menyatakan bahwa tersenyum akan membuat Anda tampak lebih menarik di mata orang yang Anda senyumi.

Senyum bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh

Ketika Anda sedang menghadapi situasi yang canggung, tersenyum akan membuat Anda lebih nyaman dan percaya diri.

6. Senyum bisa membuat Anda tampak lebih sukses

Sekelompok peneliti dari The University of Montpellier menemukan bahwa tersenyum adalah teknik kepemimpinan yang lebih efektif ketimbang tanggung jawab manajemen yang baik.

7. Senyum bisa mengurangi kerutan pada wajah

Saat tersenyum 16 otot dan ribuan syaraf di sekitar wajah mengalami gerakan secara konstan, dan peredaran darah di sekitar wajah menjadi lebih lancar. Hal tersebut akan membuat otot dan kulit wajah semakin kencang sehingga mengurangi efek terjadinya keriput.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[]

« Lihat artikel lainnya