Ikuti Cara Mudah Ini Agar Kulit Lebih Cerah

Kulit yang cerah merupakan idaman setiap orang, terutama wanita. Banyak cara yang dilakukan orang agar kulit terlihat cerah, mulus, dan segar. Tapi, apakah cara tersebut sudah benar dan sesuai? Berikut adalah beberapa langkah yang aman sekaligus mudah yang bisa dilakukan sehari-hari, untuk mendapatkan kulit yang cerah:

Pastikan kulit wajah bersih

Penggunaan riasansepanjang hari meningkatkan kadar radikal bebas yang terperangkap di permukaan kulit.Selain itu, sel kulit mati, debu, kotoran, dan bakteri dapat menumpuk di permukaan kulit.Jadi, cucilah wajah secara teratur bila sudah terasa kotor atau lengket.

Pilih perawatan kulit yang sesuai kondisi kulit

Perawatan kulit yang baik akan membuat kulit terhidrasi, lebih kenyal, dan lebih cerah. Produk yang mengandung asam laktat atau asam glikolat akan membuat kulit terlihat lebih cerah. Bila penggunaan produk perawatan over-the-counter belum dapat membuat kulit Anda cerah, berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan produk yang sesuai kondisi kulit mungkin dapat menjadi pilihan.

Gunakan tabir surya secara rutin

Sinar matahari dapat membuat kulit terlihat lebih gelap dan lebih menua. Karena itu,penggunaan tabir surya secara teratur dapat memberikan perlindungan dari efek tidak baik sinar matahari. Dengan penggunaan rutin, diharapkan kulit akan tampak lebih muda dan lebih cerah.

Lakukan eksfoliasi secara rutin

Tampilan kulit akan terlihat cerah bila kulit cukup halus untuk merefleksikan cahaya. Pada saat kita berusia dibawah 20 tahun, pergantian kulit akan terjadi secara teratur setiap sekitar 28 hari. Namun seiring dengan pertambahan usia, pergantian kulit akan semakin melambat. Perlambatan pergantian kulit akan menyebabkan sel kulit mati menumpuk dan penumpukan sel kulit mati ini akan mengganggu refleksi cahaya dan membuat kulit terlihat kusam. Karenanya, eksfoliasi yang dilakukan dengan baik dan teratur akan mampu menghasilkan permukaan kulit yang lebih halus dan terlihat lebih cerah.

Tambahkan vitamin dan antioksidan dalam keseharian

Vitamin yang telah banyak diketahui dapat mencerahkan kulit adalah vitamin C. Sementara itu, kombinasi vitamin C dan vitamin E akan mampu melindungi kulit dari efek tidak baik sinar matahari. Perlu diketahui bahwa vitamin bekerja secara sinergis dengan antioksidan dalam membuat kulit lebih sehat dan cerah. Keduanya didapat dari berbagai makanan sehat yang kita konsumsi, bila Anda khawatir kecukupannya belum dapat  terpenuhi, penambahan suplemen kesehatan yang mengandung vitamin dan antioksidan dapat membantu.

Terapkan pola hidup sehat

Usahakan untuk minum air putih minimal 8 gelas per hari serta makan sayur dan buah yang mengandung banyak air seperti semangka, tomat, atau mentimun.Kandungan air yang cukup akan membuat kulit terlihat lebih bersih dan membuat kulit tampak lebih cerah. Tidur yang cukup juga akan memberikan pengaruh yang baik untuk tampilan kulit Anda, mengingat pergantian dan proses perbaikan kulit terjadi terutama saat kita tidur.

« Lihat artikel lainnya