Empat Kiat Cegah Flek Hitam

Mulai bermasalah dengan bercak hitam di wajah atau di bagian tubuh lainnya? Bercak hitam ini terjadi akibat peningkatan jumlah pigmen di kulit atau disebut sebagai melanin. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, contohnya sinar matahari, hormon, penyakit tertentu, ataupun karena penggunaan beberapa jenis obat. Untuk mencegah flek hitam bertambah banyak, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Lindungi kulit dari sinar matahari berlebih. Perlindungan fisik misalnya menggunakan payung, pakaian lengan panjang, atau menggunakan topi dapat membatasi jumlah sinar matahari yang langsung mengenai permukaan kulit.

Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 secara rutin dan teratur di pagi atau siang hari, sekalipun Anda beraktivitas di dalam ruangan. Penggunaan tabir surya mencegah stimulasi sinar matahari di kulit, sehingga membendung pembentukan melanin berlebih. Jangan lupa untuk aplikasikan kembali tabir surya setiap 3-4 jam tergantung aktivitas Anda, karena kemampuan proteksinya akan menurun seiring dengan waktu.

Rawat kulit dengan baik. Pilihlah produk perawatan kulit yang lembut untuk menjaga kulit selalu tampak sehat. Penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung alpha hydroxy acids (contohnya asam laktat atau asam glikolat), dapat membantu menghasilkan warna kulit yang lebih cerah merata, namun perlu diperhatikan terkadang zat ini dapat menyebabkan iritasi pada beberapa individu.Hal lain yang tidak kalah penting adalah hindari menggaruk atau memencet jerawat supaya flek hitam tidak bertambah banyak.

Terapkan gaya hidup sehat. Pastikan kecukupan hidrasi tubuh, makan makanan bergizi, dan hindari stres psikis berlebih. Bila kebutuhan tubuh belum tercukupi, konsumsilah suplemen yang mengandung vitamin dan antioksidan. Antioksidan diperlukan untuk melawan radikal bebas akibat lingkungan dan sinar matahari, sehingga mengurangi risiko terjadinya pigmentasi.

Bila keluhan flek hitam masih berlanjut dan sangat mengganggu, segera kunjungi dokter Anda. Selain penggunaan produk perawatan kulit, dokter mungkin akan menambahkan beberapa prosedur lain seperti pengelupasan kimiawi atau laser untuk membantu mengatasi keluhan Anda. Ingat, semakin lama dibiarkan keberadaannya, flek Anda akan semakin sulit diobati.

« Lihat artikel lainnya