Cegah Keriput Muncul Dini dengan Tertawa

KlikDokter.com - Seberapa sering Anda tertawa dalam sehari? Banyak yang mengatakan bahwa tertawa adalah obat yang paling ampuh dan murah. Bahkan tertawa dijadikan sebagai terapi karena dianggap memiliki kekuatan untuk mempercepat penyembuhan.

Sudah tidak sedikit tulisan yang menjelaskan bagaimana tertawa bisa membuat sehat sekaligus awet muda. Tapi yang mungkin Anda belum tahu adalah apa dan bagaimana hubungannya tertawa bisa membuat orang tampak lebih muda.

Hal yang terpikir pertama adalah aspek kejiwaan, jiwa yang sering tersenyum dan tertawa diyakini memiliki tingkat kebahagiaan lebih tinggi. Benarkah demikian?

Berikut ini beberapa manfaat tertawa yang penting untuk diketahui:

Manfaat Tertawa Jangka Pendek

  • Menstimulasi banyak organ

Tertawa meningkatkan asupan udara yang kaya oksigen, merangsang jantung, paru-paru dan otot, serta meningkatkan endorfin yang dilepaskan oleh otak.

  • Mengaktifkan dan meredakan respons stres

Tertawa mampu menaikkan denyut jantung. Hasilnya? Anda akan merasa nyaman dan santai ketika tertawa.

  • Mengatasi ketegangan

Tertawa dapat merangsang sistem sirkulasi secara menyeluruh, sehingga membantu mengurangi sebagian gejala stres.

Manfaat Tertawa Jangka Panjang

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Pikiran negatif menjelma dalam bentuk reaksi kimia yang mampu mempengaruhi tubuh  sehingga dapat mengurangi sistem kekebalan. Sebaliknya, pikiran positif dapat melepaskan molekul neuropeptida yang membantu melawan stres dan penyakit-penyakit serius lainnya.

  • Meredakan nyeri

Tertawa dapat mengurangi rasa sakit karena tubuh akan terangsang untuk memproduksi obat pereda sakit alami sendiri.

  • Meningkatkan kepuasan pribadi

Tertawa akan membuat Anda lebih mudah untuk mengatasi situasi sulit. Hal ini juga membantu Anda berhubungan dengan orang lain.

  • Mengubah suasana hati

Banyak orang mengalami depresi, salah satunya disebabkan oleh penyakit kronis. Tertawa dapat membantu mengurangi kecemasan, serta membuat Anda merasa lebih bahagia dan awet muda.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[]

« Lihat artikel lainnya