Benarkah Cokelat Memicu Jerawat?

Klikdokter.com – Banyak orang beranggapan bahwa cokelat dapat menimbulkan jerawat dan keluhan kulit lainnya. Benarkah demikian?

Dr. Ava Shamban, ahli kulit dari Los Angeles mengatakan bahwa makan cokelat tidak akan menimbulkan jerawat. Ada faktor-faktor lain yang dapat membuat jerawat timbul di wajah, salah satunya stres. Mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung gula tinggi juga bisa memicu peningkatan produksi sebum di kelenjar kulit, yang dapat menyebabkan jerawat. Kadar gula yang tinggi tersebut memicu pemecahan insulin, di mana produksi minyak di kulit juga akan ikut meningkat.

Lalu, bagaimana dengan cokelat hitam (dark chocolate) dan cokelat putih? Apakah kedua cokelat itu benar-benar aman untuk kulit? 

“Cokelat putih memiliki kandungan susu dan gula yang lebih banyak dibandingkan cokelat hitam,” jelas Dr. Shamban. “Untuk beberapa orang, kedua substansi tersebut dapat memicu perubahan hormon yang kemudian menimbulkan peradangan kulit.”

Sementara itu, cokelat hitam sudah lama diketahui memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Tidak  hanya bagus untuk sistem kardiovaskular tetapi juga kulit.

Kandungan cocoa yang tinggi pada cokelat hitam terdiri dari flavonoid, catechin dan procyanidin, yang semuanya berfungsi sebagai antioksidan. Oleh karena itu, cokelat hitam mampu mengurangi kolagen yang rusak dan menjaga kecantikan kulit. Dengan begitu keriput dan garis-garis halus di kulit dapat dihambat. Kolagen itu sendiri adalah struktur organik pembangun tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[]

« Lihat artikel lainnya