8 Buah yang Bisa Mengusir Jerawat

Klikdokter.com - Tahukah Anda bahwa beberapa buah memiliki efek pada kulit seperti retinol – obat yang biasanya digunakan untuk menyembuhkan jerawat sekaligus mencegah penuaan dini – dengan efek samping yang lebih sedikit? Apa saja buah-buahan tersebut? Berikut di antaranya:

1. Alpukat

Buah yang kaya akan vitamin E ini dapat meningkatkan vitalitas kulit. Selain itu, alpukat mampu mengurangi peradangan kulit dan secara alami melembabkan kulit.

2. Anggur merah

Mengandung antioksidan, anggur merah berguna untuk mengobati kondisi kulit seperti psoriasis dan eksim.

3. Delima

Khasiat delima untuk kulit sangat beragam. Antioksidannya mampu melawan radikal bebas, mengontrol jerawat, sekaligus mencegah keriput.

4. Lemon

Lemon dapat mengeluarkan limbah asam melalui kulit dan membersihkan hati dengan asam sitratnya. Hasilnya, kulit pun jadi lebih bersih dan cerah.

5. Semangka

Ingin menghilangkan noda-noda pada kulit? Semangka jawabannya! Kandungan vitamin A, B, dan C yang terdapat di dalamnya akan membuat kulit segar, berseri-seri, serta terhidrasi. Semangka juga dapat menghilangkan bekas jerawat. 

6. Melon

Selain terkenal dengan vitamin A-nya yang dapat meningkatkan reproduksi sel, melon juga dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap radikal bebas dan mengurangi risiko masalah kulit. 

7. Jeruk

Kandungan vitamin C dalam jeruk dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan yang ditimbulkan oleh sinar matahari.

8. Apel

Buah satu ini kaya akan pektin yang ampuh dalam mengusir jerawat. Kulit apel juga mengandung fenol yang dipercaya dapat memberikan perlindungan UVB. Lengkap, bukan?

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[]

« Lihat artikel lainnya