7 Cara Merawat Kulit di Sekitar Mata

KlikDokter.com - Kulit di sekitar mata sangatlah tipis dan sensitif dibandingkan area lain pada tubuh. Tak heran bila kulit di sekitar mata adalah daerah pertama yang menunjukkan tanda-tanda penuaan. Hal ini dapat membuat seseorang terlihat lebih muda atau lebih tua.

Lingkaran mata merupakan keluhan yang sering kali muncul. Umumnya lingkaran mata disebabkan oleh hal-hal seperti kurangnya tidur, konsumsi alkohol yang berlebihan, hingga kondisi turunan. Namun dengan perawatan yang tepat, Anda pun bisa menjaga kulit di sekitar mata tetap sehat. Berikut adalah 7 cara alami untuk merawat kulit di sekitar mata:  

  • Mengonsumsi Air Putih

Untuk menjaga hidrasi kulit, konsumsilah air putih yang cukup yaitu 8 gelas dalam sehari. Batasi minuman yang mengandung kafein dan alkohol, karena dapat dapat membuat kulit menjadi kering.

  • Mengompres Mata

Untuk mengurangi kantong mata dan perubahan warna pada kulit mata, Anda bisa melakukan kompres pada mata dengan air dingin atau es selama 15 hingga 20 menit. Timun yang dingin bisa juga digunakan sebagai ganti kompres.

  • Membersihkan Riasan Mata

Jangan lupa untuk membersihkan riasan mata sebelum tidur. Gunakan pembersih riasan dan kapas yang lembut. Bersihkan wajah Anda dengan air yang hangat, karena air yang terlalu panas dapat membuat kulit menjadi semakin kering.

  • Memperlakukan Kulit dengan Lembut

Saat Anda merawat kulit di sekitar mata, ingatlah untuk selalu merawatnya dengan lembut. Kulit di sekitar mata 10 kali lebih tipis dibandingkan area lainnya.

  • Menggunakan Tabir Surya

Area di sekitar mata yang sering terpapar sinar matahari bisa memicu penuaan dini serta kerusakan kulit. Cegahlah hal ini dengan selalu menggunakan tabir surya.

  • Mengonsumsi Vitamin

Keubutuhan eksternal penting untuk mata Anda, namun jangan lupakan kebutuhan internal. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang tinggi akan vitamin (A, B, C, D dan E). Bila Anda merasa kurang asupan vitamin, Anda bisa juga mengonsumsi vitamin tambahan.

  • Istirahat Cukup

Tidur yang cukup (7 hingga 8 jam sehari) sangatlah penting karena bisa mencegah proses penuaan dini pada mata, termasuk mengurangi masalah lingkaran mata yang mengganggu. 

« Lihat artikel lainnya