7 Cara Bebas Flek Wajah di Usia 30an

Klikdokter.com - Seiring dengan pertambahan usia, proses regenerasi kulit pun melambat. Inilah salah satu hal yang menyebabkan para perempuan di usia 30 merasa was-was. Tanda-tanda penuaan pada wajah mulai terlihat secara signifikan. Sebut saja kerutan di sekitar mata karena aktivitas gerakan di sekitar mata yang tinggi, kerutan halus, serta penurunan kekencangan kulit.

Proses penuaan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya paparan sinar matahari, polusi, dan stres. Tapi jangan khawatir dulu. Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini untuk mencegah penuaan dini.

  1. Mengonsumsi vitamin C, karena Vitamin C merupakan antioksidan dan kofaktor penting pada sintesis kolagen. Memberikan asupan vitamin C kepada tubuh secara rutin akan mengurangi risiko terjadinya kerutan, kekeringan, dan skin atrophy pada perempuan.

  2. Bersihkan kulit setiap pagi sebelum mengaplikasikan riasan, dan pastikan untuk menghapusnya sebelum tidur. Senyawa-senyawa kimia pada riasan dan sisa-sisa riasan yang tidak dibersihkan secara tepat dapat mempercepat munculnya keriput.

Jurus Bebas Flek Lainnya di Usia 30an

3. Mulai Mengkonsumsi Suplemen untuk Kulit

Mengonsumsi suplemen penunjang yang mampu memberikan nutrisi pada kulit, terutama yang mengandung collactive dan astaxanthin. Studi klinis pada 44 wanita membuktikan bahwa zat collactive dapat menyusun struktur kulit untuk menjadi bantalan yang kenyal dan kencang, selain untuk melawan radikal bebas. Sementara itu, astaxanthin mampu meningkatkan kemampuan kulit untuk bertahan dari hilangnya nutrisi kulit akibat kondisi lingkungan.

4. Gunakan Pelembab Lebih Teratur

Gunakan pelembap yang berbeda untuk siang dan malam hari secara teratur. Pelembap siang yang mengandung tabir surya dan pelembap malam (krim malam) yang mengandung anti penuaan untuk membantu regenerasi kulit.

5. Minum Air Putih yang Cukup

Minum banyak air putih untuk menjaga hidrasi kulit. Kulit yang mengalami dehidrasi akan mudah timbul kerutan halus. Tambahkan lemon atau jeruk nipis jika bosan dengan air putih.

6. Cukupi Kebutuhan Gula. Jangan Berlebihan Konsumsi Gula

Kurangi gula. Keberadaan gula berlebih akan menyebabkan kerusakan pada molekul protein dalam kulit. Akibatnya kulit akan mudah terkena iritasi dan mudah keriput.

7. Cukup Istirahat.

Tidur merupakan waktu bagi tubuh untuk melakukan perbaikan dan pertumbuhan sel, termasuk sel kulit. Jika seseorang kurang tidur, proses penuaan dini akan terjadi lebih cepat.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[]

« Lihat artikel lainnya