6 Makanan yang Perlu Dikendalikan Demi Kesehatan Kulit

Klikdokter.com - Pepatah lama “You are what you eat” juga berlaku untuk kesehatan kulit. Bahkan, nutrisi yang buruk memiliki dampak yang sama jeleknya dengan merokok. Mengapa demikian? Pola makan yang buruk dapat menyebabkan peradangan, yang memicu stres oksidatif dan pada akhirnya merusak kolagen serta DNA. Inilah yang dapat membuat kulit Anda terlihat lebih tua. Berikut adalah 6 jenis makanan yang perlu Anda hindari agar kesehatan kulit tetap terjaga:

 

 

1. Nasi putih

Nasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi, yang akan mempengaruhi pelepasan insulin. Karbohidrat apapun dengan indeks glikemik tinggi dapat membuat penumpukan “gula” di dalam tubuh sehingga menyebabkan wajah terlihat lebih tua.

2. Kue Beras

Dulu kue beras menjadi makanan para supermodel untuk menjaga berat badan, kemudian hal tersebut diikuti oleh banyak orang. Namun sayangnya menurut Valori Treloar, MD, dermatologi dan penulis The Clear Skin Diet, kue beras dapat menyebabkan gula darah melonjak dan mempercepat pembentukan keriput. 

3. Permen

Cemilan manis ini memang menggoda, tapi gula di dalamnya akan merusak kolagen dan elastin - dua zat yang dapat membuat kulit kenyal dan terlihat muda. Bagaimana bisa? Ketika gula masuk ke dalam tubuh, ia dipecah menjadi glukosa, yang kemudian disebut dengan proses glycation. Proses ini membuat kolagen yang ada di dalam kulit bertambah keras sehingga mengurangi kelenturan kulit.

4. Sereal

Banyak sekali produk sereal menambahkan gula pada bahan-bahannya, yang tentu saja berpotensi merusak kolagen.

5. Smoothies

Minuman smoothies yang dijual di supermarket seringkali dikemas dengan kandungan gula yang sangat tinggi. Disarankan Anda membuat smoothies sendiri dengan bahan-bahan yang bisa Anda kontrol.

6. Margarin

Lemak memang sangat penting untuk menjaga kelenturan kulit, namun sebuah penelitian dalam Journal of American College of Nutrition menyatakan bahwa asupan tinggi margarin dapat meningkatkan kerutan pada kulit.

Mendapatkan kulit yang sehat dari dalam tidaklah sulit. Gaya hidup turut berperan serta. Begitu juga pemakaian suplemen penunjang yang sesuai dengan masalah kulit serta usia. Ada baiknya Anda memilih suplemen yang memiliki kandungan collactive (perpaduan dari kolagen dan elastin) dan astaxanthin. Studi klinis pada 44 wanita membuktikan bahwa zat collactive dapat menyusun struktur kulit untuk menjadi bantalan yang kenyal dan kencang, selain untuk melawan radikal bebas. Sementara itu, astaxanthin mampu meningkatkan kemampuan kulit untuk bertahan dari hilangnya nutrisi kulit akibat kondisi lingkungan.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[]

« Lihat artikel lainnya