6 Cara Alami Menghaluskan Kulit

KlikDokter.com – Gen, kebiasaan sehari-hari serta paparan sinar matahari bisa membuat wajah Anda mengalami tanda-tanda penuaan dini. Sebut saja garis-garis halus di sekitar mata, kerutan, serta penurunan kekencangan kulit. Tentu ini akan mengganggu penampilan serta mengurangi rasa percaya diri Anda. Tapi jangan khawatir dulu, dengan perawatan dan penanganan yang tepat, Anda bisa mendapatkan kembali kulit Anda yang halus. Bagaimana caranya?

  • Memakai Pelembap

Mengoleskan pelembap secara rutin dapat membantu menjaga dan memperbaiki kulit. Walaupun kulit Anda berminyak, Anda masih bisa menggunakan produk pelembap yang ringan dan bebas minyak. Apabila Anda memiliki kulit yang kering, Anda cukup menggunakan pelembap satu kali dalam sehari.

  • Menggunakan Tabir Surya

Lindungi kulit Anda dengan tabir surya, terutama pada siang hari. Meski Anda berada di dalam ruangan atau gedung, Anda juga harus memakai tabir surya karena cahaya matahari bisa terpantul melalui kaca. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap harinya.

  • Memperbaiki Pola Makan

Terdapat beberapa makan yang telah diteliti dapat membuat kulit lebih sehat dan lembut, seperti apel, kacang almon, bawang putih, mangga, dan rumput laut. Hindari makanan berlemak dan makanan yang digoreng, agar kulit tetap lembut dan halus.

  • Melakukan Perawatan Kulit

Lakukan scrub atau eksfoliasi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Namun, perawatan ini hanya boleh dilakukan maksimal seminggu sekali, menggunakan scrub mikrodemabrasi. Artinya, butiran scrub yang digunakan lebih kecil, sehingga terasa lebih lembut di kulit. Jangan melakukannya eksfoliasi saat kulit berjerawat, karena  dapat membuat iritasi pada kulit.

  • Membersihkan Wajah

Bersihkan wajah Anda setiap pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Untuk Anda yang mudah berjerawat, pastikan produk pembersih wajah yang Anda gunakan bebas dari minyak dan tidak dapat menyumbat pori-pori. Biasanya, di label kemasan produk tertera tulisan oil-free dan/atau non-comedogenic.

  • Berolahraga

Secara umum, berolahraga dapat meningkatkan aliran darah tubuh. Peningkatan aliran darah tubuh ini sangat baik untuk kesehatan sel-sel kulit, karena berarti terjadi peningkatan hantaran oksigen dan nutrisi ke kulit. Lakukan aktivitas fisik setiap harinya selama 15-20 menit dengan intensitas ringan-sedang.

« Lihat artikel lainnya