5 Tanda Kulit Sudah Harus Lebih Diperhatikan

Klikdokter.com - Kulit wajah merupakan salah satu aset yang penting bagi perempuan. Membangun kulit wajah yang sehat dari dalam tidaklah sulit. Dengan gaya hidup sehat dan perawatan yang tepat, Anda sudah bisa mendapatkannya. Karena itu, kenali masalah kulit Anda yang sesungguhnya agar Anda lebih mudah dalam menanggulanginya.

 

 

Berikut ini lima masalah kulit wajah yang paling mengganggu dan tips untuk mengatasinya:

1. Kulit kusam

Kulit kusam kemungkinan disebabkan karena perawatan wajah yang kurang tepat, di luar faktor eksternal yang memang dapat mempengaruhi seperti polusi, stres, kosmetik, dan lain-lain. Cucilah wajah sebanyak 2 kali sehari menggunakan sabun dengan pH netral, sesuai dengan jenis kulit, serta memberikan pelembap yang cocok dengan kulit Anda.

2. Warna kulit tidak merata

Untuk mengatasinya, pakailah tabir surya khusus wajah sebelum menggunakan pelembap dan riasan. Tabir surya akan melindungi wajah yang terkena sinar matahari secara langsung.

Untuk daerah tropis pilihlah tabir surya dengan minimal SPF 30. Selain itu, biasakan membersihkan wajah setelah beraktivitas agar kotoran tidak menumpuk.

Flek-flek yang timbul pada kulit wajah dapat dipengaruhi oleh berbagai hal, di antaranya pertambahan usia dan paparan sinar UV berlebih. Untuk menghilangkannya, Anda bisa mencoba suplemen penunjang kulit yang mengandung anti oksidan.

Pilih juga suplemen yang mengandung:

  • hytolive,
  • l-cysteine
  • dan vitamin C

ketiga kandungan diatas terbukti secara klinis dapat mencerahkan dan mengurangi flek hitam pada kulit mulai dari 2 minggu sejak pemakaian.

Perawatan yang paling mudah untuk kulit keriput adalah:

  • menghindari paparan sinar matahari yang terlalu sering,
  • rajin menggunakan pelembap,
  • dan minum air putih yang cukup.

Anda juga perlu mengonsumsi vitamin C dan E (beberapa krim anti penuaan juga mengandung dua vitamin tersebut) yang dapat diperoleh dari jeruk, brokoli, almond, dan lain-lainnya. 

Kulit kasar bisa terjadi karena sel kulit mati yang menumpuk di wajah tidak mengelupas sebagaimana mestinya. Untuk membantu mengangkat sel kulit mati tersebut, gosokkan scrub pada bagian wajah yang kasar, diamkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan air. Lakukanlah secara rutin setiap 1 minggu sekali pada pagi hari. Jika kulit Anda berminyak, boleh dilakukan setiap 2x seminggu. Mengapa pagi hari? Sebab kulit menghasilkan sel-sel baru di malam hari ketika tidur, sehingga pagi hari merupakan saat terbaik untuk membuang sel-sel kulit yang sudah mati tadi.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[]

« Lihat artikel lainnya