5 Keuntungan Memiliki Hewan Peliharaan

KlikDokter.com – Siapa sih yang tidak gemas melihat anjing atau kucing? Keberadaan mereka di rumah ternyata tak hanya memberikan kesenangan, tetapi juga kesehatan fisiologis maupun psikologis. Dengan dukungan dari penelitian ilmiah, inilah 5 keuntungan memiliki hewan peliharaan:

1. Membangkitkan suasana hati

Bermain dengan hewan peliharaan mampu meningkatkan serotonin dan dopamin, dua zat kimia yang dapat menimbulkan rasa nyaman.

2. Menurunkan tekanan darah

Ketika seseorang merasa tertekan, dukungan yang datang dari hewan peliharaan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Bagaimana tidak? Melihat tingkah mereka yang lucu, Anda pasti akan langsung tertawa dan melupakan masalah sejenak.

3. Mengurangi risiko alergi

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, anak-anak yang tumbuh dengan hewan peliharaan memiliki penurunan risiko terkena alergi pada hewan. Studi tersebut juga menemukan bahwa anak-anak yang dekat dengan hewan peliharaan memiliki risiko lebih rendah terserang asma.

4. Membuat tubuh lebih aktif

Penelitian membuktikan bahwa orang yang memelihara anjing lebih sering bergerak daripada orang yang tidak memelihara anjing. Bagaimana dengan mereka yang memelihara kucing atau iguana? Tentu mereka juga lebih aktif karena akan meluangkan banyak waktu untuk mengasuh hewan peliharaannya.

5. Menurunkan risiko penyakit jantung

Selain menggemaskan, hewan peliharaan juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung terkait dengan tingkat kegemukan, tekanan darah, dan kolesterol.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[]

« Lihat artikel lainnya