12 Fakta Menarik Soal Kulit

KlikDokter.com - Sebagai organ yang paling luar dari tubuh manusia, kulit merupakan hal yang paling diperhatikan oleh seseorang dan juga menimbulkan banyak pertanyaan. Bagaimana kita bisa merasakan sentuhan, hingga berapa banyak sel kulit mati yang diproduksi oleh kulit kita dalam satu menit? Berikut ini adalah fakta-fakta menarik mengenai kulit yang belum pernah Anda ketahui sebelumnya:

  1. Kulit ternyata merupakan organ terbesar pada tubuh manusia.
  2. Kulit orang dewasa memiliki panjang 6 meter, berat 4 kilogram, dan memiliki 17 kilometer aliran darah.
  3. Bila dihitung secara global, sel kulit mati menjadi penyebab miliaran debu di atmosfer. Dalam setiap menitnya ada sekitar 50,000 sel kulit mati yang lepas dari kulit kita.
  4. Ada sebanyak 5 reseptor pada kulit yang peka terhadap nyeri dan sentuh.
  5. Bau badan berasal dari suatu jenis keringat. Keringat merupakan suatu sekresi yang terdiri dari lemak yang dikeluarkan oleh kelenjar apokrin. Kelenjar ini lebih banyak ditemukan pada ketiak, daerah kelamin, dan anus.
  6. Kulit kita mengeluarkan sebanyak 3 galon keringat dalam satu harinya, terutama pada udara yang panas. Area tubuh yang tidak mengeluarkan keringat termasuk kuku, ujung penis, serta bagian dalam telinga.
  7. Kelenjar meissner (sebuah reseptor kulit yang peka terhadap sentuhan dan umumnya terletak pada ujung jari, tangan, bibir, lidah, puting susu, penis dan klitoris) dapat berespon terhadap tekanan bermulai dari 20 mg – sama seperti berat nyamuk.
  8. Kulit kita akan memperbaharui diri setiap 28 hari.
  9. Kulit yang paling tipis bisa ditemukan pada kelopak mata dan sekitar mata.
  10. Kulit pada waktu lahir memiliki ketebalan 1 mm dan tumbuh menjadi 2-3 mm saat menginjak dewasa.
  11. Kulit merupakan jendela dari perubahan kesehatan yang terjadi dalam tubuh.
  12. Kulit mengandung protein yang dinamakan keratin, yang juga ditemukan pada rambut dan kuku.  

Betapa kompleks dan menakjubkannya kulit kita, bukan? Jagalah selalu kesehatan kulit dengan membersihkan wajah secara rutin, mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, dan menggunakan tabir surya sebelum beraktivitas. Ingat, kulit yang sehat adalah cerminan tubuh yang sehat pula!

« Lihat artikel lainnya