11 Kebiasaan yang Bisa Menunda Munculnya Keriput Wajah

Klikdokter.com - Menjelang usia 35 ke atas, keriput menjadi hal yang Anda khawatirkan. Namun sebenarnya, dengan perawatan yang tepat, Anda dapat terlihat lebih muda dan segar dari usia Anda. Bahkan Anda tak perlu merogoh kocek yang dalam untuk melakukannya.

Berikut ini beberapa cara untuk mengurangi keriput pada wajah:

1. Tidur telentang

The American Academy of Dermatology (AAD) menyatakan bahwa tidur dalam posisi tertentu pada malam hari akan menyebabkan “garis tidur”, yakni kerutan yang terukir di permukaan kulit dan tidak hilang begitu Anda bangun. Untuk mengurangi pembentukan kerutan, AAD menyarankan untuk tidur dengan posisi telentang.

2. Hindari paparan sinar matahari

Percayakah Anda bahwa matahari merupakan penyebab keriput nomor satu? Dalam satu penelitian yang dilakukan oleh Darrick Antell, MD terhadap anak kembar menunjukkan bahwa anak yang jarang terkena matahari memiliki keriput lebih sedikit dan tampak lebih muda ketimbang saudaranya yang senang bermandi matahari. Selain itu, untuk Anda yang tinggal di daerah tropis, hindari paparan sinar matahari dari pukul 9 hingga 4 sore.

3. Gunakan selalu tabir surya

Jika Anda hendak pergi keluar di bawah sinar matahari, jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya dengan minimal SPF 30. Hal itu akan melindungi Anda dari kanker kulit sekaligus membantu mencegah kerutan.

4. Tidak merokok

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di St. Thomas Hospital, London, menemukan bahwa mereka yang merokok cenderung memiliki kulit yang lebih berkerut bahkan kulit mereka 40% lebih tipis daripada non-perokok.

5. Tidur yang cukup

Ketika Anda kurang tidur, tubuh memproduksi kortisol secara berlebih, hormon yang memecah sel-sel kulit. Oleh sebab itu, jika Anda cukup tidur Anda akan menghasilkan lebih banyak HGH (hormon pertumbuhan manusia) yang membantu kulit tetap tebal, lebih "elastis," dan lebih kecil kemungkinannya untuk berkerut. 

6. Mengonsumsi ikan, terutama salmon

Selain mengandung protein, salmon juga merupakan sumber asam lemak esensial yang dikenal sebagai omega-3. Asam lemak esensial dapat membantu memelihara kulit agar tetap muda sekaligus mengurangi keriput.

7. Makan kedelai

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam European Journal of Nutrition, para peneliti mengatakan bahwa suplemen berbahan dasar kedelai (bahan lainnya termasuk protein ikan dan ekstrak dari teh putih, biji anggur, tomat serta beberapa vitamin) dapat meningkatkan struktur dan kekencangan kulit setelah enam bulan penggunaan.

8. Kakao

Kakao mengandung epocatchin dan catechin tingkat tinggi yang membantu kulit terhindar dari kerusakan akibat sinar matahari, meningkatkan sirkulasi ke sel kulit, sekaligus membuat kulit tampak bercahaya dan lembut.

9. Menyantap lebih banyak sayur dan buah

Sayuran dan buah banyak mengandung anti oksidan. Senyawa tersebut melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas (molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel), yang nantinya dapat membantu kulit terlihat lebih muda dan bercahaya.

10. Gunakan pelembap

Perempuan sangat peduli dengan produk anti penuaan mereka, sehingga mereka sering mengabaikan kekuatan pelembap. Padahal, kulit yang lembap dapat menyamarkan kerutan sehingga garis dan lipatan jauh berkurang.

11. Suplemen penunjang kulit

Manfaat yang dihasilkan dari suplemen kecantikan kulit begitu besar. Nah, untuk mencapai hasil yang diinginkan, sebaiknya Anda memilih suplemen yang mengandung collactive. Dalam penelitian bertajuk Evaluation of the Anti-wrinkle Effects of the Food Suplement Collactive yang dilakukan L. Sergent menunjukkan bahwa terjadi efek anti kerut yang signifikan pada responden yang mengonsumsi collactive hingga 19%.   

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[]

« Lihat artikel lainnya