10 Cara Agar Wajah Terlihat Lebih Muda

KlikDokter.com -Ketika sedang bercermin, seringkah Anda memperhatikan kulit Anda? Baik itu kulit yang berjenis normal ataupun kulit yang bermasalah, tentunya semua orang ingin memiliki kulit yang sehat dan bebas masalah.

Memasuki usia 30, 40, atau 50 tahun, proses penuaan menjadi salah satu perhatian utama. Apabila Anda ingin memiliki kulit yang sehat agar selalu tampak muda, Anda dapat mulai dengan cara-cara berikut:

1. Lindungi Diri dari Sinar Matahari

Sinar matahari merupakan sumber utama terjadinya kerusakan pada kulit. Untuk melindungi kulit anda, terapkan kiat-kiat berikut:

•  Gunakan tabir surya spektrum luas yang memberikan perlindungan terhadap gelombang UVA dan UVB dari sinar matahari. Oleskan ulang bila anda banyak berkeringat atau terkena air.

•  Hindari paparan sinar matahari pada jam 10 pagi hingga jam 4 sore, ketika radiasi ultraviolet terjadi paling tinggi.

•  Gunakan pakaian yang melindungi kulit jika harus terpapar matahari, seperti pakaian lengan panjang, celana atau rok panjang, dan topi yang lebar. Bahan dengan tenunan yangketat seperti denim memberikan perlindungan lebih baik dibandingkan bahan dengan tenunan longgar.

2. Hindari Merokok

Perokok memiliki kulit keriput lebih banyak dan kulit yang 40% lebih tipis dibandingkan individu yang tidak merokok.

3. Hindari Alkohol

Konsumsi alkohol membuat tubuh dehidrasi, sehingga kulit tampak lelah dan kering.

4. Tidur Cukup

Tidur merupakan waktu bagi tubuh untuk melakukan perbaikan dan pertumbuhan sel, termasuk sel kulit. Jika seseorang kurang tidur, proses penuaan dini akan terjadi lebih cepat.  

5. Perhatikan Asupan Makanan

•  Perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi untuk kulit, seperti:

-    Salmon. Daging ikan salmon tinggi akan protein dan asam lemak omega 3, yang dapat membantu menjaga kekenyalan kulit.

-    Buah dan sayuran yang kaya akan vitamin C, seperti beri, kiwi, jeruk, melon, nanas, dan sayuran seperti kubis, paprika, sayuran hijau, hingga kentang dan kacang-kacangan.

•  Kurangi makanan manis. Gula yang berlebih dalam darah dapat berikatan dengan protein, terutama kolagen, dan menimbulkan reaksi yang turut mempercepat proses penuaan kulit.

•  Cukupi kebutuhan cairan. Minumlah air mineral sebanyak 2-3 liter per hari, atau sesuaikan dengan beratnya aktivitas fisik Anda. Bila tubuh terhidrasi dengan baik, sel-sel kulit juga akan terjaga kelembapannya dan tampak lebih sehat.

6. Bersihkan Wajah Secara Rutin.

Terutama sebelum tidur pada malam hari, karena berguna untuk menyingkirkan kotoran dan bakteri penyebab jerawat.

7. Lakukan Pengelupasan Kulit Mati

Anda dapat menggunakan sabun pembersih khusus untuk mengangkat sel kulit mati dari wajah dibantu dengan handuk kecil atau dengan butiran scrub.

8. Lakukan Pemijatan pada Wajah.

Lakukanlah pemijatan pada wajah secara rutin. Hal ini diyakini dapat meningkatkan pembentukan kolagen pada kulit dan melancarkan sirkulasi kelenjar getah bening, sehingga proses pembuangan racun menjadi lebih lancar dan kulit tampak lebih bersih.

9. Perhatikan Tangan.

Oleskan lotion pelembap atau krim pencerah kulit pada tangan untuk menyamarkan flek-flek gelap akibat penuaan. Kulit tangan memiliki kandungan lemak di bawah kulit yang sangat sedikit dan mudah berkerut ketika kering. Oleskan pula pelembab pada bagian tubuh lain, terutama area yang tidak terlindungi.

10.  Gunakan bantuan obat-obatan yang dijual bebas di pasaran, seperti:

•  Krim yang mengandung hydroquinone dosis rendah dapat membantu mengurangi produksi melanin dan menyamarkan flek pada kulit.

•  Alpha-hydroxy acid (AHA). Jika dioleskan topikal dapat mengurangi penampakan garis halus dan keriput kulit. AHA juga terkandung di dalam buah-buahan, tebu, dan susu.

Terapkan kiat-kiat di atas apabila Anda tidak memiliki kontraindikasi medis tertentu, alergi, atau kulit tidak mengalami peradangan. Jika Anda sedang mengalami masalah pada kulit, konsultasikan kepada dokter spesialis kulit mengenai cara yang aman untuk membuat kulit lebih sehat dan bebas masalah.

« Lihat artikel lainnya