Waspada, Anda Bisa Dioperasi Karena Terlalu Banyak Main HP

Telepon genggam telah menjadi bagian dari gaya hidup urban masa kini yang tak terpisahkan. Dari orangtua hingga anak sekolah, semua pegang telepon genggam. Jari-jari mereka lincah bermain di atas tuts atau layar sentuh. Semua informasi bisa didapat dan dikirimkan dengan mudah, hanya dengan permainan jari semata.

Namun, tahukah Anda, bahwa terlalu banyak melakukan “olahraga jari”di atas layar telepon genggam dapat membuat Anda dioperasi?

Terlalu banyak menggunakan tangan dan jari untuk melakukan pekerjaan yang berulang atau repetitif, seperti bermain telepon genggam, mengetik, dan menggunakan tetikus di komputer dapat menyebabkan suatu gangguan yang dinamakan carpal tunnel syndrome (CTS).

Apa Itu Carpal Tunnel Syndrome (CTS)?

CTSmerupakan kelainan yang disebabkan oleh terjepitnya saraf medianus. Saraf medianus adalah saraf yang melintas dari lengan ke tangan. Saraf ini melintas di dalam suatu terowongan – dan karena suatu sebab –dapat terjepit. Penjepitan saraf ini terjadi paling banyak di bagian terowongan yang terdapat di pergelangan tangan.

Pergerakan repetitif  yang sering dilakukan secara konstan setiap harinya dapat membuat urat yang mengelilingi terowongan tersebut meradang dan membengkak. Sebagai hasilnya, pembengkakan urat tersebut akan menjepit saraf medianus,dan menghasilkan gejala CTS.

Bagaimana Gejala CTS?

Mereka yang menderita CTS pada awalnya akan merasa kesemutan yang menjalar pada jari-jari dan pergelangan tangan. Kesemutan yang dapat disertai oleh kebas atau baal ini lantas akan berubah menjadi nyeri atau perasaan seperti tersetrum.

Apabila tidak mendapatkan penanganan segera, lama-kelamaan kekuatan otot tangan akan turut dipengaruhi. Penderita CTS akan merasakan bahwa tangan yang terkena menjadi lebih lemah, tidak kuat mengangkat, menekan, atau sering menjatuhkan barang jika memegang dengan tangan tersebut.

Tangani Segera!

Penting bagi Anda untuk mengistirahatkan tangan yang terkena untuk sementara waktu. Kompres dingin juga dapat menjadi pertolongan sementara di rumah.

Jangan tunda untuk segera berkonsultasi kepada dokter apabila Anda mengalami gejala-gejala tersebut di atas. Semakin ringan gejalanya, semakin besar pula kemungkinan untuk sembuh dengan cepat tanpa operasi.

Untuk kasus ringan-sedang, dokter dapat memasang perban elastis atau sejenis penyangga pada tangan yang sakit untuk mengurangi nyerinya. Dokter juga akan memberikan obat antinyeri dan antiradang untuk meringankan gejala. Selain itu, dapat pula dilakukan fisioterapi untuk tangan yang mengalami CTS.

Untuk kasus yang sudah berat, diperlukan tindakan yang lebih invasif, seperti penyuntikan di lokasi yang nyeri hingga operasi untuk membebaskan saraf yang terjepit.

Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati

Jangan tunggu hingga Anda mengalami CTS. Jagalah tangan Anda dengan mengistirahatkannya selama dua menit setelah satu atau dua jam bekerja. Apabila tangan Anda sudah “disiksa” oleh keyboard komputer sepanjang hari, istirahatkanlah saat Anda telah pulang ke rumah. Selain itu, hindari pula bermain telepon genggam yang terlalu lama dan sering.

« Lihat artikel lainnya