Pantangan dan Anjuran untuk Penderita Radang Sendi

KlikDokter.com - Radang sendi atau arthritis dapat menghambat Anda dalam melakukan kegiatan yang Anda senangi. Namun jangan khawatir, Anda dapat berdamai dengan arthritis jika Anda memahami apa saja yang perlu dilakukan dan dihindari. Dengan melakukan penanganan yang tepat, Anda tetap bisa beraktivitas dengan baik. Berikut adalah pantangan dan anjuran yang bisa Anda terapkan:

Lakukan hal-hal berikut ini:

1. Konsultasi dengan dokter

Ceritakan dengan lengkap keluhan yang Anda rasakan, termasuk riwayat kesehatan, obat dan vitamin apa saja yang pernah diminum, hingga aktivitas Anda sehari-hari. Bersikap terbuka dengan dokter Anda akan mempermudah dokter mengetahui jenis arthritis yang Anda alami, sehingga dokter dapat melakukan penanganan yang terbaik untuk Anda.

2. Pahami penyakit Anda

Terdapat banyak sekali jenis arthritis yang diketahui hingga kini. Perkaya wawasan Anda mengenai jenis-jenis arthritis tersebut, terutama jenis yang Anda miliki, pilihan terapi, dan prognosisnya. Pahami pula apa saja yang memicu keluhan Anda dan cara mengatasinya.

3. Jaga berat badan dalam batas normal

Berat badan di atas normal dapat meningkatkan risiko dan komplikasi arthritis, sehingga gejala dapat menjadi lebih berat. Lakukan penurunan berat badan secara bertahap, melalui perubahan gaya hidup yang lebih sehat dan permanen.

Anda dapat menghitung kategori berat badan Anda di tautan berikut: Body Mass Index

4. Lakukan latihan fisik

Fokuskan pada jenis latihan yang bertujuan untuk memperkuat otot di sekitar sendi, meregangkan otot tubuh, meningkatkan rentang gerak sendi, dan mengontrol berat badan (latihan aerobik yang memiliki efek samping yang rendah, seperti berjalan kaki, bersepeda, dan berolahraga di dalam air).

5. Relaksasi

Relaksasi dapat membantu mengurangi rasa nyeri. Contohnya adalah kegiatan seperti latihan pernapasan, yoga, mendengarkan musik, berkebun, menulis, menonton film komedi, atau kegiatan lain yang sesuai dengan minat Anda.

Selanjutnya, hindari hal-hal berikut:

1. Merokok

Rokok dapat memicu kerusakan di jaringan persendian, sehingga dapat memperberat gejala.

2. Berada dalam satu posisi tubuh untuk waktu lama

Baik itu ketika Anda berdiri, membaca, bekerja, dan menonton TV. Lakukanlah peregangan secara rutin, ubah posisi duduk atau berdiri setiap setengah jam. Hindari gerakan yang repetitif pada satu sendi.

3. Kurang tidur

Nyeri akibat arthritis dapat membuat Anda sulit tidur. Namun semakin kurang jam tidur Anda, maka gejala arthritis juga dapat semakin berat. Konsultasikan masalah ini pada dokter Anda, lalu temukan metode, posisi atau tempat tidur yang paling nyaman untuk mempermudah Anda tidur dengan nyenyak.

4. Latihan fisik yang bersifat high impact dan repetitif

Contohnya olahraga yang melibatkan lari dan lompat seperti tenis, basket, voli, sepakbola.

5. Makanan yang tinggi akan purin

Terutama bila Anda menderita arthritis pirai atau gout. Jenis makanan ini dapat meningkatkan kadar asam urat dan memperberat gejala. Contohnya adalah jeroan, daging bebek, dan kerang. (Baca: Inilah Daftar Makanan Tinggi Asam Urat)

6. Pikiran negatif

Berhenti memfokuskan pikiran pada hal-hal buruk yang akan terjadi pada Anda. Bersikaplah lebih rileks dan yakin bahwa Andalah yang memegang kontrol atas tubuh Anda. 

« Lihat artikel lainnya