Mengenali Empat Jenis Kolesterol

Kolesterol berperan penting dalam proses metabolisme tubuh. Karena itu, Anda perlu mengetahui jenis-jenis kolesterol yang mengalir dalam darah.

Klikdokter.com – Istilah ‘kolesterol’ sudah cukup dikenal oleh masyarakat banyak. Namun, tahukah Anda apa sebenarnya kolesterol itu?

Kolesterol adalah komponen lemak darah yang dibutuhkan tubuh untuk beroperasi secara normal. Diketahui bahwa lemak merupakan salah satu zat yang penting selain protein, vitamin, mineral, dan karbohidrat. Lemak dalam tubuh berguna untuk membentuk dinding sel-sel tubuh.

Kolesterol yang dibutuhkan secara normal diproduksi sendiri dalam jumlah yang tepat. Tetapi kolesterol juga dapat meningkat jika Anda sering mengonsumsi makanan dengan kadar lemak hewan tinggi atau makanan cepat saji.

Berikut adalah empat jenis kolesterol yang penting untuk Anda ketahui:

LDL

LDL (low-density lipoprotein) merupakan jenis kolesterol berbahaya, sehingga sering disebut juga sebagai kolesterol jahat. Mengapa berbahaya? Kolesterol LDL memiliki kecenderungan melekat di dinding pembuluh darah sehingga dapat menyempitkan pembuluh darah. Tingginya kolesterol ini bertanggung jawab dalam meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

HDL

HDL (high-density lipoprotein) mengangkut kolesterol lebih sedikit dari LDL dan sering disebut kolesterol baik karena dapat membuang kelebihan kolesterol jahat di pembuluh darah arteri kembali ke hati, untuk diproses dan dibuang. HDL juga mencegah kolesterol mengendap di arteri dan melindungi pembuluh darah dari proses aterosklerosis (terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah). HDL mempunyai kandungan lemak lebih sedikit dan mempunyai kepadatan tinggi sehingga lebih berat.

VLDL

VLDL (very-low-density lipoprotein) mengandung jumlah trigliserida (jenis lemak) yang tertinggi dibandingkan HDL dan LDL. VLDL dianggap sebagai "kolesterol jahat," sama seperti LDL, karena tingginya tingkat VLDL dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. VLDL kurang dikenal luas karena tidak ada cara langsung untuk mengukur jenis kolesterol ini.

Trigliserida

Trigliserida merupakan satu jenis lemak yang terdapat dalam darah dan berbagai organ dalam tubuh. Meningkatnya kadar trigliserida dalam darah juga dapat meningkatkan kadar kolesterol. Sejumlah faktor yang berpotensi mempengaruhi kadar trigliserida dalam darah adalah kegemukan, konsumsi alkohol, gula, dan makanan berlemak. Tingginya kadar trigliserida dapat dikontrol dengan diet rendah karbohidrat.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda pada fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.

« Lihat artikel lainnya