Ini Posisi Duduk yang Benar Saat di Depan Komputer

Apakah Anda pernah mengalami pegal-pegal tubuh,terutama pinggang dan mata lelah? Anda dapat mengalami hal tersebut jika bekerja di depan komputer terlalu lama. Namun, bagaimana jika pekerjaan Anda mengharuskan demikian?

Ada cara agar Anda tetap dapat bekerja dengan produktif tanpa mengorbankan kesehatan.

Mengatur Kursi

Sebelum mulai bekerja, aturlah kursi dan posisi duduk Anda terhadap meja. Sesuaikan sandaran kursi agar dapat menopang seluruh tulang belakang Anda. Untuk menambah kenyamanan, Anda dapat menambahkan bantal di belakang. Anda dapat bersandar dengan sudut 105 hingga 120 derajat dari paha.

Selain itu, sesuaikan juga tinggi kursi Anda dengan tinggi meja, hingga Anda dapat meletakkan lengan Anda secara horizontal di atas meja. Usahakan agar kaki Anda juga menapak ke lantai. Jika tungkai Anda kurang panjang, Anda dapat menambahkan sebuah kotak atau kursi kecil untuk menopang kaki Anda.

Mengatur Keyboard dan Mouse

Taruhlah keyboard tepat di depan Anda. Hindari mendorong keyboard ke depan untuk kemudian menaruh dokumen di hadapan Anda. Hal ini akan memaksa Anda untuk meraih keyboard jauh ke depan, dan hal ini tidak baik bagi pinggang dan tulang belakang. Anda dapat menggunakan tempat untuk menaruh dokumen di sebelah kiri atau kanan untuk memudahkan.

Anda dapat menggunakan laci keyboard (keyboard tray) yang diletakkan di bawah meja, apabila Anda juga ingin menempatkan dokumen di hadapan Anda.

Mouse harus diletakkan tepat di samping keyboard Anda – setidaknya tidak jauh dari jangkauan tangan Anda – agar lengan tidak mudah menjadi pegal. Anda dapat menggunakan bantal empuk sebagai tempat berisitirahat pergelangan tangan kanan Anda, apabila diperlukan.

Mengatur Layar Komputer

Tempatkanlah layar komputer tepat di depan wajah Anda. Sesuaikan tinggi layar dengan mata Anda, agar leher Anda tidak perlu terlalu mendongak atau menunduk – namun berada di posisi netral yang rileks.

Sesuaikan jarak antara posisi Anda duduk dengan monitor sepanjang lengan Anda. Selain itu, Anda pun perlu mengatur pencahayaan di monitor komputer Anda, agar jangan terlalu gelap ataupun terlalu terang.

Penerangan

Pastikan agar lingkungan kantor Anda memiliki pencahayaan yang cukup. Apabila dirasakan masih kurang, Anda dapat membuka jendela atau menambahkan lampu meja.

Beristirahatlah

Menatap monitor dan duduk dalam posisi yang sama dalam waktu lama dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan pada tubuh Anda. Oleh karena itu, disarankan agar Anda beristirahat selama 1-2 menit setiap 30 menit, atau 5-10 menit setiap jam. Anda dapat memejamkan mata, meregangkan tubuh Anda, berjalan ke dispenser untuk mengisi air, ataupun pergi ke toilet.

« Lihat artikel lainnya