Hati-hati, Makanan Ini Dapat Menaikkan Kadar Kolesterol

KlikDokter.com -Mengonsumsi makanan yang berkolesterol tinggi dapat memicu timbulnya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, ada baiknya untuk membatasi atau menghindari makanan yang dapat menaikkan kadar kolesterol di dalam darah. Apa saja? Berikut di antaranya:

  • Kuning Telur
    Kuning telur memiliki kadar kolesterol yang sangat tinggi dibandingkan dengan makanan lainnya. Dalam 100 gram kuning telur terdapat sekitar 1200 miligram kolesterol di dalamnya. Jumlah tersebut melebihi dari 400% dari kebutuhan harian. Oleh karena itu, sebaiknya hindari konsumsi kuning telur, atau jika sudah mengonsumsi di pagi hari sebaiknya tidak mengonsumsi kuning telur pada siang dan malam harinya.

  • Daging Olahan
    Perbandingan yang terdapat pada daging ayam, kambing, sapi atau domba tidak ada bedanya jika sudah diolah. Jumlah kolesterol yang ada pada daging yang sudah diolah tergantung dari seberapa besar potongan daging, juga jumlah garam atau minyak yang digunakan saat mengolah daging. Jadi ketika sudah diolah, kolesterol yang terdapat pada daging tersebut biasanya setara.

  • Keju
    Adalah salah satu sumber protein dan kalsium yang baik bagi tubuh. Namun keju memiliki kadar kolesterol yang tinggi, yaitu sekitar 123 miligram per 100 gram keju. Oleh karena itu, batasi mengonsumsi keju dalam menu harian Anda.

  • Ayam
    Sebenarnya, ayam merupakan salah satu pilihan daging rendah lemak yang cukup baik, namun cara mengolah atau memasaknya bisa membuat ayam mengandung kadar kolesterol dan lemak yang tinggi. Ayam yang digoreng dan dikonsumsi dengan kulitnya tentu memiliki kadar kolesterol yang semakin tinggi.

  • Makanan Laut
    Ikan memang baik untuk kesehatan. Namun ada beberapa jenis makanan laut yang harus dibatasi karena mengandung tinggi lemak, seperti lobster, udang, dan cumi-cumi.

  • Es Krim
    Es krim merupakan salah satu makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Es krim kerap digunakan sebagai makanan penutup, namun dapat diganti dengan buah-buahan segar yang tentunya lebih sehat.

  • Kudapan
    Kudapan memiliki kolesterol yang cukup tinggi, dan berhati-hatilah dalam memilih kudapan yang dijual di pasaran. Dikarenakan banyak jenis kudapan yang mengandung lemak trans, di mana lemak tersebut dapat mengubah makanan sehat menjadi makanan berkolesterol tinggi.

  • Makanan Cepat Saji
    Hindarilah mengonsumsi makanan cepat saji, misalnya hamburger, kentang goreng, ayam goreng, dan sejenisnya. Terlebih lagi, menu makanan di restoran cepat saji umumnya mengandung banyak lemak, terutama lemak jenuh. Jika Anda ingin makan di restoran tersebut, makanlah ayam goreng tanpa kulitnya. Anda juga bisa memilih dada ayam yang mengandung kolesterol lebih rendah daripada paha ayam. Gantilah cheese burger dengan roti isi yang tidak mengandung keju. Jika Anda ingin mengonsumi salad, gantilah saus mayonais dengan saus salad lain yang tidak terlalu berlemak.

« Lihat artikel lainnya