Berhenti Merokok Dapat Menurunkan Kolesterol?

Merokok adalah salah satu faktor risiko penurunan kadar kolesterol HDL, dan ini sangat membahayakan kesehatan. Baca penjelasan lengkapnya di sini.

Klikdokter.com – Kebanyakan orang tahu bahwa merokok membawa kerugian besar bagi jaringan paru-paru, tetapi hanya sedikit yang menyadari bahwa merokok juga lebih banyak menyebabkan kematian akibat penyakit jantung daripada kanker paru-paru. Belum lagi jika Anda memiliki kolesterol tinggi dan Anda seorang perokok aktif, kemungkinan Anda harus memilih satu-satunya cara untuk tetap sehat: berhenti merokok mulai dari sekarang.

Merokok dan Tingkat Kolesterol LDL

Merokok menyebabkan tingkat kolesterol LDL (low-density lipoprotein) meningkat dalam aliran darah Anda. Kadar LDL yang tinggi berhubungan dengan peningkatan pembentukan plak lemak pada bagian dalam pembuluh darah Anda. Hal ini dapat memblokir aliran darah dan pada akhirnya menyebabkan stroke. Sebuah studi yang diterbitkan dalam "Tobacco Induced Diseases” (2010) menggambarkan bagaimana oksidasi LDL yang disebabkan oleh merokok dapat memperburuk penyakit arteri.

Merokok dan Tingkat Kolesterol HDL

Efek lain yang disebabkan oleh merokok adalah penurunan HDL (high-density lipoprotein). Dan ini bukan hal yang baik. Mengapa demikian? Kolesterol HDL merupakan kolesterol yang tidak berbahaya karena dapat membuang kelebihan kolesterol jahat di pembuluh darah arteri kembali ke hati, untuk diproses dan dibuang. Karena itu, penurunan kadar kolesterol HDL berpotensi merusak sistem kardiovaskular Anda.

Dengan fakta-fakta di atas, apakah berhenti merokok memang terbukti dapat menurunkan kolesterol?

MedlinePlus, publikasi dari National Institutes of Health, menyatakan bahwa mereka yang berhenti merokok mengalami peningkatan HDL sebanyak 2,4 mg/dL. Untuk setiap 1 mg/dL peningkatan HDL, risiko serangan jantung atau stroke berkurang sebesar 3 persen selama 10 tahun. Meski demikian, mekanismenya masih harus diteliti lebih lanjut.

Salah satu faktor yang paling penting untuk berhenti merokok adalah memperkuat komitmen Anda. Berolahraga secara rutin juga dapat membantu membulatkan tekad Anda, dengan membuat Anda lebih sadar tentang bagaimana merokok merusak kapasitas paru-paru serta kemampuan Anda untuk menikmati aktivitas fisik. Selamat mencoba dan jangan putus asa!

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda pada fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.

« Lihat artikel lainnya