Apakah Kolesterol Tinggi Memiliki Gejala?

KlikDokter.com - Kolesterol adalah substansi lemak yang secara natural dihasilkan oleh organ tubuh, yaitu di hati. Kolesterol ini dihasilkan sekitar 80% dari kebutuhan tubuh, sedangkan 20% sisanya bisa didapatkan dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Namun sebagian orang masih mengonsumsi makanan yang tinggi kolesterol, sehingga terjadi peningkatan kolesterol dalam darah.

Kebanyakan orang dengan kolesterol tinggi tidak menimbulkan gejala yang spesifik hingga kolesterol tersebut menggumpal atau menumpuk pada dinding arteri(aterosklerosis) yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah di jantung atau otak.

Gejalanya dapat berupa nyeri dada atau gejala lain yang berkaitan dengan penyakit arteri koroner, dan terjadinya serangan stroke akibat kurangnya suplai darah ke otak.

Selain itu, terdapat gejala lain yang berhubungan dengan penyakit kolesterol tinggi dan biasanya terdapat pada penderita kolesterol tinggi yang sudah menahun, di antaranya xanthelasma (endapan kolesterol berbentuk noda kuning muda di tengah atau di ujung kelopak mata dan xanthoma (benjolan padat pada tendo siku, tumit, atau lutut).

Hal yang dapat Anda lakukan jika Anda memiliki kolesterol yang tinggi adalah dengan mengubah pola hidup: berhenti merokok, rajin berolahraga (disarankan minimal 5 kali per minggu), serta banyak makan sayur dan buah.

Makanan yang tinggi akan kolesterol terutama makanan yang mengandung saturated fat, seperti makanan siap saji (chicken nugget, burger, sosis), jenis-jenis daging, susu, mentega, roti, dan hati. Juga beberapa jenis makanan laut, seperti udang, kepiting, cumi-cumi, dan kerang.

Makanan rendah kolesterol bisa didapat dari ikan, unggas (ayam, bebek) tanpa kulit, dan potongan daging yang tidak mengandung lemak. Makanan sebaiknya dimasak dengan cara dibakar, dipanggang, atau direbus ketimbang digoreng. 

« Lihat artikel lainnya